Kunci Kelancaran Rencana Pernikahan: Berdoa!

Kunci Kelancaran Rencana Pernikahan: Berdoa!
Banyak yang menganggap ini hal enteng, padahal berdoa pada Allah SWT adalah kunci dari segala permasalahan hidup. Untuk itu, jangan ragu untuk berdoa atas segala sesuatu, termasuk kelancaran rencana pernikahan.

Allah SWT sangat senang pada umatnya yang sering mengingatnya. Sedangkan begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengingat Allah, mulai dari membaca Al-Quran, membaca kalimat tasbih, zikir, hingga berdoa.

Setiap calon pengantin pasti berdoa dengan sungguh-sungguh memohon kelancaran acaranya. Namun mungkin kamu tidak berdoa secara keseluruhan. Dari hal penting hingga hal remeh, Allah suka jika umatnya berdoa pada-Nya.

Berdoalah kepada Allah, meminta segala sesuatu dari perkara besar hingga kecil, seperti firman Allah dalam Al-Quran surat Ghafir ayat 60.

"Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."

Hal ini didukung dalam hadits qudsi, Allah Ta'ala berfirman:

Wahai hamba-Ku, kalian semua kelaparan, kecuali orang yang aku berikan makan. Maka mintalah makan kepadaku, niscaya aku akan berikan. Wahai hamba-Ku, kalian semua tidak berpakaian, kecuali yang aku berikan pakaian. Maka mintalah pakaian kepada-Ku, niscaya akan aku berikan." (HR Muslim no 2577)

Dari sini bisa disimpulkan bahwa, meminta hal pokok saja disarankan untuk berdoa.

Ditambah lagi dengan sabda Rasulullah SAW:

"Barangsiapa yang mengangankan sesuatu (kepada Allah), maka perbanyaklah angan-angan tersebut. Karena ia sedang meminta kepada Allah Azza wa Jalla." (HR Ibnu Hibban no 889, disahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami' no 437)

Aisyah RA juga mengatakan:

"Mintalah kepada Allah bahkan meminta tali sandal sekalipun." (HR Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman 2/2/4, Al Albani berkata: "mauquf jayyid" dalam Silsilah Adh Dha'ifah no 1363)

Jangan sungkan apalagi malu untuk meminta segalanya pada Allah SWT. Ibnu Rajab rahimahullah mengatakan:

"Dahulu para salaf meminta kepada Allah dalam shalatnya, semua kebutuhannya sampai-sampai garam untuk adonannya dan tali kekang untuk kambingnya." (Jami' Al Ulum wal Hikam, 1/225)

Begitu banyak hal yang harus disiapkan dan diselesaikan untuk menyiapkan pernikahan. Sesungguhnya, semuanya bisa lebih mudah terselesaikan dengan kekuatan doa.

Wallahu a'lam.
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
+628118122297
asphericamarcom@gmail.com
Perum Kopassus Jl. Hiu 1 blok A36 Sukatani Tapos Depok
-
@2024 Aspherica Muslim Wedding Photography Inc.