Selain Emas, Ini Ide 5 Bahan untuk Cincin Kawin Kamu

Selain Emas, Ini Ide 5 Bahan untuk Cincin Kawin Kamu
Dalam agama Islam, jelas disebutkan bahwa laki-laki haram menggunakan emas. Namun bukan berarti tak bisa memakai cincin kawin, kan? 

Untungnya, banyak jenis logam mulia yang bisa dijadikan cincin kawin selain emas.

Mungkin untuk calon pengantin wanita boleh saja yang berbahan emas, namun para pria harus mencari ide lainnya. 
Jika berencana menggunakan bahan emas untuk cincin wanita, maka pastikan untuk mencari bahan yang cocok jika disandingkan bersama. 

Agar tidak salah pilih, Aspherica akan memberikan daftar cincin kawin selain emas yang bisa jadi inspirasi. 

1. Perak


-


Salah satu pilihan yang paling populer saat menghindari logam emas adalah perak. Alasannya, bahan logam perak murni sangat mudah dibentuk sehingga kreasi cincin yang unik takkan jadi masalah besar. 

Selain itu, harganya juga cukup terjangkau. 

Sayangnya, cincin perak mudah tergores dan warnanya akan memudar jika selalu dipakai.
Tapi tenang, ada solusinya, kok!

Kamu bisa melapisi perak dengan logam seperti rhodium agar warna dan daya tahan perak lebih baik. Selain itu, kamu juga bisa melakukan repolish jika warna perak mulai kusam dan memudar. 

2. Palladium


-


Selanjutnya, ada palladium yang bisa jadi cincin kawin selain emas. Logam ini memiliki tampilan dan sifat yang mirip dengan platinum atau emas putih. Bedanya, harganya jauh lebih terjangkau. 

Kelebihan lainnya adalah bobotnya yang ringan, warna berkilau, dan tidak mudah luntur. Menariknya, logam ini sangat minim alergi pada kulit. Terakhir, palladium juga memiliki ketahanan gores lebih tinggi dibanding emas, lho. 

3. Titanium


-


Untuk kamu yang ingin warna lebih gelap, bisa memilih titanium sebagai alternatif cincin kawin. Bahan ini punya bobot yang ringan dan daya tahan yang sangat kuat. 

Dibandingkan emas dan palladium, harga titanium relatif terjangkau. 

Sayangnya, logam ini menimbulkan alergi pada beberapa orang, terutama yang punya kulit sensitf. Selain itu, bahan ini juga tidak disarankan untuk penggunaan cincin dalam jangka waktu yang lama. 

4. Platinum


-


Inilah alternatif paling umum saat ingin menggunakan cincin kawin selain emas. Platinum atau emas putih memang punya banyak kelebihan di antaranya tidak mudah korosi, tidak menyebabkan alergi, serta warnanya yang berkilau menarik. 

Umumnya, logam ini memiliki kandungan karat sebesar 95 persen. Yang artinya, cincin dengan bahan platinum dibuat dengan komposisi platinum sebesar 95 persen, dan 5 persen sisanya merupakan campuran bahan lain. 

Tak heran jika cincin dari logam ini memiliki harga yang tinggi. 

5. Tungsten Karbida


-


Mungkin kamu masih jarang mendengar tungsten karbida untuk dijadikan bahan cincin kawin selain emas. Namun logam ini punya kemampuan anti gores yang cukup tinggi dan punya daya lebur yang tinggi. 

Ia juga tak mudah berkarat apalagi timbul noda. Harganya juga lebih terjangkau dibanding platinum. Logam ini harus dipotong dengan teknik laser. Kamu yang punya detail khusus untuk cincin kawin, maka bisa menggunakan bahan logam ini. 

Nah, setelah tahu alternatif cincin kawin selain emas, jadi tertarik dengan yang mana, nih?
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
+628118122297
asphericamarcom@gmail.com
Perum Kopassus Jl. Hiu 1 blok A36 Sukatani Tapos Depok
-
@2024 Aspherica Muslim Wedding Photography Inc.