5 Tips Mencari Pasangan Hidup yang Sesuai dengan Anjuran Islam

5 Tips Mencari Pasangan Hidup yang Sesuai dengan Anjuran Islam
Dalam Islam, semua sudah diatur dengan jelas dan tepat, termasuk tentang mencari pasangan hidup. Agar bisa jadi pegangan, inilah tips mencari pasangan hidup menurut Islam. 

Bukan untuk bersatu dengan orang yang paling dicintai, salah satu tujuan utama dalam pernikahan dalam Islam adalah untuk menciptakan kehidupan yang sakinah, mawaddah, dan penuh rahmat. 
Untuk itu, penting sekali untuk menemukan jodoh yang sesuai dengan nilai-nilai tersebut. Sebagai referensi, Aspherica akan merangkumkan tips mencari pasangan hidup yang sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW. 

1. Mencari jodoh dari golongan orang soleh 


-


Dalam surat Ar-Rum ayat 21, disebutkan:

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir"

Sedangkan berdasarkan hadist Rasulullah SAW, carilah jodoh dari golongan orang soleh dan solehah. Sebab itu bisa menghindari tindakan keji dan munkar. 

Disebutkan dalam hadist H.R Muslim: 

"Dunia adalah hiasan, dan sebaik-baiknya hiasan dunia adalah wanita solehah"

2. Mencari pasangan yang sehat


-


Islam kuat dengan umatnya yang banyak. Untuk itu, mencari jodoh pun disarankan agar yang memiliki tubuh yang sehat. Bukan sekadar untuk tubuh yang ideal, namun juga siap untuk mencetak anak yang soleh dan solehah. 

Seperti disebutkan dalam hadist dari HR Abu Dawud:

"Nikahilah wanita yang penyayang dan subur. Karena aku berbangga dengan banyaknya umatku."

3. Carilah jodoh yang lajang


-


Semua hal yang dimulai dengan baik, insya Allah akan selalu berjalan dengan baik. Begitu juga saat memilih jodoh, bahkan telah dianjurkan untuk memilih yang lajang, bukan yang sudah dimiliki orang lain. 

Seberapa besarnya perasaanmu padanya, kalau ia masih berhubungan dengan orang lain, hindari melamarnya karena tidak sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. 

Dikisahkan dalam hadist HR Bukhari dan Muslim, mengenai jodoh yang sudah dipinang orang lain. 

"Sesama mukmin adalah bersaudara, maka baginya tidak halal menawar barang yang telah ditawar (dibeli) oleh saudaranya dan tidak halal meminang perempuan yang telah dipinang oleh saudaranya, kecuali bila saudaranya telah membatalkan pinangan."

4. Carilah yang beragama Islam


-


Kamu yang sedang mencari jodoh, disarankan untuk mencari yang seiman. Di mana disebutkan bahwa Muslim sebaiknya menikah dengan Muslim. 

Seperti diperintahkan dalam surat Al Baqarah ayat 221, yang artinya:

"Dan janganlah kamu nikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik meskipun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik meskipun ia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. (Allah) menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka mengambil pelajaran."

5. Carilah jodoh yang bertanggung jawab


-


Dalam buku Jalan Hijrah Menjemput Jodoh karya Siti Aisyah Siregar disebutkan untuk mencari pasangan hidup yang bertanggung jawab,. Ini termasuk untuk perempuan dan laki-laki. 

Disebutkan dalam surat An Nisa ayat 34, yang artinya:

"Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita. Oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang soleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka)."

Jadi, jelas bahwa laki-laki tugasnya adalah mencari nafkah dan perempuan adalah menjaga kehormatan diri.

Jika melihat calon pasangan hidupmu memiliki potensi itu, maka jangan dilepaskan. 

Itu dia tips memilih pasangan hidup yang sesuai dengan anjuran agama dan hadist dari Nabi Muhammad SAW. Apakah calon pasangan hidupmu sudah memenuhi kriteria?
Blog Post Lainnya
Social Media
Alamat
+628118122297
asphericamarcom@gmail.com
Perum Kopassus Jl. Hiu 1 blok A36 Sukatani Tapos Depok
-
@2024 Aspherica Muslim Wedding Photography Inc.